Cara Membuat Nomor Otomatis dengan PHP Web Dinamis

usahawan-maju

http://usahawan-maju.blogspot.comusahawan-maju.
Cara Membuat Nomor Otomatis dengan PHP Web Dinamis - Artikel ini saya postingkan saat masih lebaran, mengisi liburan yang cukup membuat galau karena tidak ada ide jalan-jalan :D. Cara Membuat Nomor Otomatis dengan PHP Web Dinamis sebenarny sudah lama saya gunakan, namun sepertinya setelah cross cek belum pernah saya bagikan, jadi saya berfikiran untuk membagi ke temen-temen semoga bisa sedikit membantu untuk temen-temen yang berkunjung ke blog saya ini.
Berikut adalah Cara Membuat Nomor Otomatis dengan PHP Web Dinamis yang saya maksudkan :

<?php
/*pertama kita panggil colom yang akan kita gunakan untuk ID kita dengan menyaring nilai maksimum */
$sql ="SELECT max(id_anggota) as terakhir from tb_anggota";
//mengecek hasil atau value yang dihasilkan dari query yang disimpan pada variable sql
  $hasil = mysql_query($sql);
//memecah table hasil query
  $data = mysql_fetch_array($hasil);
//mengambil cell atau 1 kotak bagian dari table yaitu cell id_anggota yang dialiaskan terakhir
  $lastID = $data['terakhir'];
  // baca nomor urut  id transaksi terakhir
 $lastNoUrut = substr($lastID, 3, 9);
  // nomor urut ditambah 1
  $nextNoUrut = $lastNoUrut + 1;
  // membuat format nomor berikutnya
  $nextID = "USR".sprintf("%03s",$nextNoUrut);
// selesai,,, untuk memanggil ID otomatis ini  bisa memasangkan cara
echo  $nextID;
 ?>

Nah mudah kan, asalkan mau mencoba pasti bisa,,, sayangnya ini databasenya tidak saya ikutkan ,,, jadi temen-temen bisa membuatnya sendiri, artikel ini untuk yang sudah bisa membuat database dan mengetahui dasar PHP. untuk yang baru belajar database bisa baca dulu disini Cara Membuat Database Dengan CMD disini dan Cara Membuat Koneksi dengan PHP disini

usahawan-maju
Cara Membuat Nomor Otomatis dengan PHP Web Dinamis | 5