Cara Membuat Validasi Filetype JPG,PNG

usahawan-maju

usahawan-maju | Cara Membuat Validasi Filetype JPG,PNG - Met malem all, begitu sapaan saya kali ini. Sudah lama saya tidak posting lagi neh, kemaren lagi ngebut bikin laporan yang kebetulan temanya adalah web juga. Salah satu inputanya saya bikin ada upload gambarnya, nah lo,, gimana caranya agar saat kita klik tombol brows gambar yang muncul cuman file yang bertipe gambar seperti PNG atau JPG. Usut punya usut ternyata caranya sederhana banget gaes, ini hanya sebagian cara dari banyak cara yang bisa kita gunakan.

Cara melakukan validasi filetype PNG,JPG adalah dengan menambahkan sebuah attribut yang bisa diterima oleh tag input, yang saya maksudkan adalah attribut yang bernama accept. Sekedar info setelah saya uji coba ternyata accept ini langsung menyeleksi type filenya sesuai dengan type file yang kita masukkan. Seandainya kita hanya memasukkan type filenya JPG maka cuman file JPG yang akan ditampilkan dan membiarkan filetype PNG begitu sebaliknya. Namun jika kita memasukkan kedua nama filetypenya misal JPG dan PNG maka kedua duanya akan ditampilkan berdasarkan seleksi yang dilakukan accept. kurang lebih begitu penjelasan yang saya maksudkan berdasarkan dari uji coba yang telah saya lakukan.
Supaya lebih jelasnya bisa bisa lihat  contoh dari attribut tag input yang saya maksudkan :
nama attribut dan isi seleksinya :

 accept="image/png, image/jpeg" 

contoh penerapan pada tag input :

<input type="file" name="uploadGambar" id="gambarUpload" accept="image/png, image/jpeg"   />


http://usahawan-maju.blogspot.com/2015/07/cara-membuat-validasi-filetype-jpgpng.html


Perhatikan jika kita memasukkan dua filetype kita bisa pisahkan dengan tanda koma, jika mau menambahkan lagi filetype misal 3 atau 4 dan lebih bayak lagi filetype bisa juga anda masukkan pada koma koma berikutnya.
Sepertinya saya cukupkan disini dulu untuk postingan kali ini. Semoga bisa membantu temen-temen untuk belajar HTML lebih lanjut. Salam coding,,, :D 
usahawan-maju
Cara Membuat Validasi Filetype JPG,PNG | 5